Pengaruh Edukasi Terstruktur dan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi terhadap Penurunan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Usia Lanjut: Uji Klinis Acak Tersamar Ganda

Ayatullah Khomaini, Siti Setiati, Aida Lydia, Esthika Dewiasty

Abstract

Pendahuluan. Hipertensi masih menjadi permasalahan penting pada usia lanjut. Edukasi dan kepatuhan minum obat antihipertensi adalah salah satu faktor yang menjadi bagian tata laksana hipertensi secara holistik dan komprehensif. Penelitian ini dilakukan untuk menilai pengaruh edukasi terstruktur dan kepatuhan minum obat antihipertensi terhadap penurunan tekanan darah pada pasien usia lanjut.

Metode. Uji klinis acak tersamar ganda pada Oktober 2012-Februari 2013 dilakukan pada pasien usia lanjut dengan hipertensi di tiga poliklinik di Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Subjek dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok I yang mendapat edukasi terstruktur dan checklist, kelompok II yang mendapat edukasi terstruktur dan kelompok III tanpa edukasi terstruktur dengan checklist. Edukasi terstruktur dan checklist diberikan sebanyak 3 kali per bulan selama 90 hari. Dilakukan analisis dengan uji anova untuk melihat perbedaan tekanan darah pada ketiga kelompok setelah intervensi dengan prinsip analisis per protokol.

Hasil. Didapatkan total 182 subjek yang memenuhi kriteria penelitian dan mengikuti penelitian sampai akhir, yang terdiri dari 60 subjek pada kelompok I, 61 subjek kelompok II dan 61 subjek kelompok III. Pada akhir pengamatan, tekanan darah sistolik (TDS) kelompok I, II dan II mengalami penurunan secara berturut-turut menjadi 130 (rentang 90-179) mmHg, 135 (rentang 80-174) mmHg dan 133 (rentang 102-209) mmHg (p=0,04). Sementara itu, tekanan darah diastolic (TDD) kelompok I, II dan III secara berturut-turut turun menjadi 70 (rentang 48-100) mmHg, 74 (rentang 45-103) mmHg dan 78 (rentang 60- 102) mmHg (p <0,001).

Simpulan. Edukasi terstruktur memiliki pengaruh bermakna terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik pada kelompok hipertensi usia lanjut, sedangkan kepatuhan minum obat antihipertensi dalam bentuk checklist tidak memiliki pengaruh yang bermakna.

Kata Kunci: edukasi terstruktur, checklist antihipertensi, hipertensi, usia lanjut

 

Effect of Structured Education and Antihypertensive Medications Adherence to Decrease Blood Pressure for Hypertension in Elderly: a Randomized Controlled Trial

Introduction. Hypertension is one of the important problems in elderly due to high impact of cardiovascular complications. Education and antihypertensive medication adherence are considered as influence factors in a holistic and comprehensive hypertension treatment. This study was conducted to determine the effect of structured education and antihypertensive medication adherence in decreasing blood pressure as part of the hypertension treatment in elderly patients.

Methods. A randomized clinical trial was conducted in October 2012 to February 2013 on hypertensive elderly patients at Cipto Mangunkusumo hospital, Jakarta. Subjects were divided into 3 groups: group I was received structured education and checklist, group II was received structured education, and group III was received checklist without structured education. Structured education was given 3 times per month for 90 days. Systolic and diastolic blood pressure (SBP and DBP) were measured on day-1 and day-90, then analyzed with anova test.

Results. A total of 182 subjects that consisted of 60 subjects in group I, 61 subjects in group II and 61 subjects in group III was included in this study. Analysis results showed a decrease of SBP in group I, II and III to 130 (range 90-179) mmHg, 135 (range 80-174) mmHg and 133 (range 102-209) mmHg, respectively (p=0.04). Diastolic blood pressure (DBP) in group I, II, and III decreased to 70 (range 48-100) mmHg, 74 (range 45-103) mmHg and 78 (range 60-102) mmHg, respectively (p <0.001).

Conclusions. Structured education significantly decreased systolic and diastolic blood pressure in elderly hypertensive patients, while adherence to antihypertensive medication did not affect signicifantly.

Keywords

antihypertension checklist, elderly, hypertension, structured education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.